Menulis Bebas

Belajar dari Al Fatih The Conqueror

Posted on: August 5, 2012

Al Fatih, merupakan gelar dari Muhammad bin Murad yang diperoleh karena penaklukan kota Konstantinopel. Namun demikian belajar dari kesuksesan Al Fatih tidak hanya karena penaklukan kota  Konstantinopel semata. Jika dicermati, kesuksesan penaklukan Konstantinopel bukan merupakan keberhasilan generasi itu saja, melainkan akumulasi dari usaha- usaha yang  telah dilakukan generasi generasi sebelumnya. Dikisahkan tentang penaklukan Konstantinopel ini di zaman Rasulullah SAW, ketika terjadi perang Khandaq dimana kecemasan membayangi umat muslim, akankah menang dalam peperangan kali ini? Sehingga ketika dalam peristiwa penggalian parit yang membentur batu, Rasulullah SAW menyatakan takluknya Konstantinopel. Sabda Rasulullah ini menjadi pemantik semangat bagi pasukan muslim kala itu. Logikanya adalah jika Konstatinopel bisa ditaklukkan, maka tentu saja ketika penaklukan itu terjadi bangsa- bangsa arab lain telah takluk pula. Termasuk dalam peperangan Khandaq tentu saja, sehingga muncul keyakinan akan kemenangan umat muslim pada peperangan Khandaq. Namun yang terjadi kemudian, penaklukan itu tidak kunjung terlaksana hingga beberapa waktu yang lama. Hingga pada masa pemerintahan Sultan Murad dimulailah titik balik itu.

Konstantinopel merupakan kota impian, terutama jika mengingat sabda Rasulullah SAW bahwa penakluk Konstantinopel adalah sebaik- baik Pemimpin dan pasukannya adalah sebaik- baik pasukan. Memang benar, bahkan dalam prosesnya persiapan menjadi pemimpin terbaik ini telah dilakukan semenjak Al Fatih masih dalam usia dini. Pada usia 11 thun beliau telah menjadi walikota, pada usia 19 tahun beliau telah menjadi Sultan. Proses yang dilakukan Al Fatih pun tidak singkat. Beliau banyak belajar, mengambil kebaikan dari berbagai negri. Tiga hal yang menjadi perhatian beliau dalah sekolah, pasar, dan peradilan. Sekolah mengajarkan budaya dan identitas, sedangkan pasar merupakan poros ekonomi dan peradilan merupakan poros hukum.

Penaklukan Konstantinopel dilakukan secara bertahap. Dengan cara memperkuat basis, ada suatu kebiasaan menarik bangsa Turki. Ibukota selalu diletakkan di perbatasan, sehingga ketika bangun tidur dan membuka jendela, yang terlihat adalah Byzantium. Perencanaan yang dilakukan Al Fatih jauh jauh masanya sebelum d-day penaklukan adalah dengan memperlebar tiap jalan yang menuju Konstantinopel, jembatan- jembatan diperbaiki. Dengan demikian kota- kota yang sepi menjadi ramai setelah perlebaran jalan yang mendukung arus transportasi. Ramainya kota- kota ini berimbas pada persediaan logistic yang mencukupi. Sehingga pada perjalanan menuju Konstantinopel kebutuhan logistic telah tersedia.

Konstantinopel memiliki pertahanan yang begitu kuat. Benteng yang berlapis tiga, dan masih diikuti adanya parit. Menariknya ketika penaklukan Konstantinopel karena kondisi benteng yang demikian, sehingga perlu diruntuhkan dari bawah tanah. Pasukan yang membantu Al Fatih dalam peruntuhan benteng dari bawah tanah ini adalah pasukan Serbia. Serbia ini menjadi salah satu factor penentu keberhasilan dalam penaklukan Konstantinopel, meski pada masa setelahnya justru kondisinya bertolak belakang. Poin penting yang perlu diingat dalam proses penaklukan ini adalah perencanaan matang, diplomasi yang baik, dan memastikan bahwa hubungan dengan Allah tetap terjaga.

Advertisements

2 Responses to "Belajar dari Al Fatih The Conqueror"

Ant perlu lihat versi film kartunnya nih. Biar keren

Iya….tidak usah pamer begitu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: