Menulis Bebas

Langkah Mewujudkan Mimpi (MHMMD)

Posted on: August 6, 2012

Terinspirasi dari SMS seorang adik yang curhat “besok mau jadi apa?”, sambil mengerjap- ngerjapkan mata saya berfikir bagaimana saya membalas SMS itu. Tentu saja agak bingung menjawabnya, karena ya kita sendiri yang menentukan masa depan ditambah lagi saya bukanlah seorang psikolog.  Tapi bisa dimaklumi, ketika di masa- masa rawan ababil yang akan menuju fase selanjutnya kemudian mulai berfikir tentang dirinya di masa depan. Lalu kemudian saya teringat akan tugas yang membuat mata saya bagaikan dipukul seorang preman karena harus begadang menyelesaikannya. Setelah saya pikir- pikir tugas yang saya buat itu merupakan salah satu cara yang sistematis untuk menghindari kegalauan dalam menentukan masa depan.

Dialah MHMMD, kependekan dari Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan. Pertama saya mendapat training ini di NLC (National Leadership Camp) di Jakara Selatan beberapa waktu lalu bersama Bunda Marwah Daud Ibrahim (Founder MHMMD, Presidium ICMI Pusat). Training ini diperuntukkan bagi BUMN, Pemda, Birokrat, tenaga pendidik, pelajar, mahasiswa, dan sebagainya (yang membutuhkan tentu saja). Untuk lebih jelasnya lihat di http://mhmmd.net/. Training ini menjelaskan bagaimana power of planning. Dan memang benar tidak ada sesuatupun yang sukses tanpa perencanaan yang matang. MHMMD mengarahkan pemahaman tentang  hakikat manusia sebagai makhluk, hamba, dan khalifah Allah. Dengan demikian, proses seseorang menemukan dirinya adalah proses mencari tahu sebenarnya Allah titipkan apa dalam dirinya. Dan setiap orang memiliki fitrahnya, dibekali dnegan berbagai kemampuan baik yang terlihat maupun tidak. Tugas manusia selanjutnya adalah menggali dan mengasah potensi itu untuk mengembalikan jati dirinya. Setiap orang bukan hanya berhak sukses tetapi wajib sukses.

Memang sih training ini berlangsung cukup lama, dari pagi hingga sore. Bagaimanapun juga menelisik potensi diri untuk menjadi dasar perencanaan selama seumur hidup tidaklah mudah tanpa adanya pemantik. Hingga di akhir training ini terciptalah suatu lembar life map yang siap menjadi peta menuju masa depan. Yang saya pahami setelah mengikuti training ini adalah bagaimana membuat langkah yang sistematis dalam mencapai mimpi- mimpi.

Pertama adalah dengan mengenal diri sendiri. Siapa saya? Keunggulan saya? Sepuluh tahun kedepan akan jadi apa saya? Yah tujuannya adalah perkenalan diri, memastikan siapa diri sendiri (barangkali lupa). Seperti gambar dibawah ini. Ini adalah lembar kerja yang diberikan MHMMD.

Selanjutnya menyusun, peluang apa saja yang ada di sekitar kehidupan, seperti ini.

Lalu pikirkan apa yang akan kita hasilkan atau capai sebagai cita- cita masa depan. Kemudian melangkah mundur, untuk mencapai cita- cita tersebut langkah apa saja yang harus dilakukan. Like this picture.

Dan akhirnya…ini adalah peta hidup selama 70 tahun….

*perlu diperhatikan bahwa semua gambar hanya contoh semata.

Advertisements

4 Responses to "Langkah Mewujudkan Mimpi (MHMMD)"

Wuih, kereeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn. Kasih lihatin tu ma kakak2mu yang lain.

Nanti2 deh,..

dulu pernah ikut sama bu \marwah di UGM sekitar 3 tahun lalu, wah kamu belum masuk UGM pasti, tapi sayange bukunya MHMMD dah sangat langka didapat.punya bukunya dek??

belum punya tuh. iya duluuu banget itu pasti, sekarang pasti sudah menjalankan rencana hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: