Menulis Bebas

Takhta untuk Rakyat

Posted on: March 8, 2014

http://www.gramediapustakautama.com

Judul buku : Takhta untuk Rakyat: Celah-Celah Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX
Penulis : Mohamad Roem dkk
Penerbit : Gramedia, Jakarta
Cetakan : 2011
Tebal buku: 504 halaman

Dari awal penyusunannya, buku ini telah menggambarkan ke-Bhinnekaan yang juga menjadi fokus tersirat dibalik tokoh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Buku ini dihimpun oleh Mohamad Roem, Mochtar Lubis, Kustiyani Mochtar dan S. Maimoen, yang kemudian disunting oleh Atmakusamah. Tokoh- tokoh tersebut tidak berasal dari satu etnis yag sama dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Mayoritas mereka bukanlah etnis Jawa. Ruh kebhinnekaan dan kebangsaan telah menembus batas perbedaan etnis, masuk menjadi jiwa yang menggambarkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dari berbagai warna. Berbeda dengan buku-buku biografi para elite yang kini terkesan akan tujuan pencitraan. Buku ini memiliki objektifitas yang dihasilkan dari perannya sebagai sebuah bagian dari sejarah.

Titik tekan penyampaian penulis dalam menggambarkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai seorang sosok yang memiliki banyak peran, dengan berbagai kepentingan masing- masing. Sebagai seorang sultan yang bertugas menjadi pengayom rakyatmnya, sebagai seorang gubernur yan memiliki peran politis terhadap kondisi penjajahan Belanda, dan posisi beliau sebagai seorang individu dalam keluarga. Kesan pertama yang nampak tersirat adalah kesahajaan dan kesederhanaan seorang pemimpin yang tanpa pamrih kekuasaan. Namun demikian beliau tidak melunturkan sisi sakral sebagai seorang sultan tanah jawa. Komitmen beliau tetap terpegang sebagai seorang pemimpin yang menjadi teladan bagi rakyatnya, menjadi pelawan arus untuk membela kepentingan rakyat di masa penjajahan. Melawan tradisi dengan merelakan bangunan keraton menjadi sarana kuliah mahasiswa UGM.

Buku ini ibarat fakta sejarah dalam sebuah novel. Penceritaan dilukiskan dalam alur yang sarat akan makna dan pesan. Cerita beliau dari masa kelahirannya, hingga masa purnanya, menyiratkan sebagai karakter pemimpin. Pemimpin yang melayani, menggaji kebinet Soekarno, menolak harta dari penjajah, dan menjadi musuh bersama bagi penjajah. Pada sisi lain, dia dikenal pula sebagai pemimpin politik nasional yang pernah menduduki sederet jabatan menterang –di antara pernah jadi Menteri Negara, Menteri Pertahanan, Wakil Perdana Menteri, Menteri Koordinator Pembangunan, dan terakhir sebagai Wakil Presiden. Seeret jabatan itu tidak menjadikan Sri Sultan Hamengku Buwono IX pemimpin yang feodal. sebagai pemimpin yang suka menolong rakyat. Pernah, suatu hari Sultan mengendari jeep  dari Sleman dan di tengah jalan ada seorang wanita menghentikan mobilnya berniat menumpang ke pasar Kranggan. Sultan berhenti, menaikkan dagangan milik wanita itu ke mobil dan mengantarkan. Sesampai di pasar Kranggan, Sultan menurunkan dagangan dan wanita itu pun berniat memberi ongkos. Tetapi Sultan menolak. Konon, setelah Sultan pergi dan wanita itu tahu bahwa orang yang membantunya itu tidak lain adalah Sultan, dia pun pingsan. Rangkaian peristiwa bersejarah inilah yang tidak dipahami, bahkan dinafikan, oleh segelintir elite-elite muda, baik politisi maupun intelektual, yang terlalu terkagum-kagum oleh teori politik dan pemerintahan Barat.

Buku ini dapat menyampaikan secaa jelas alur demi alur, sistematis dan terstruktr berdasarkan kisah hidup dan kronologi waktu yang  menggambarkan detail peristiwa penting dalam lembar sejarah  Indonesia. Tak berlebihan jika sosok Sultan seperti kenangan yang teringat dalam ingatan. Itu tak lain karena Sultan memang dikenal sebagai “Seorang Patriot yang Unik” (oleh T.K. Critchley), “Negarawan Berwibawa Tanpa Pamrih” (Fran Seda), “Seorang Nasionalis Sejati” (J.H. Ritman), dan “Seorang Patriot Teladan” (Sjafruddin Prawiranegara). Sebagai sebuah biografi, buku ini memuat makna yang merekam penggalan sejarah Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: