Menulis Bebas

Dunia Sophie

Posted on: March 9, 2014

Judul Buku      : Dunia Sophie, Sebuah Novel Filsafat
Teks Asli         : Sophie’s Verden (Norwegia), Sophie’s World (Inggris)
Penulis             : Jostein Gaarder
Penerbit           : Penerbit Mizan
Cetakan           : Edisi Gold, Cetakan X, 2013
Tebal               : 800 halaman

Namun, pemahaman memang membutuhkan usaha. Barangkali kamu tidak akan mengagumi seorang teman yang pandai dalam segala hal jika untuk itu dia tidak perlu banyak berusaha. – h. 81

Dunia Sophie, Sebuah Novel Filsafat. Memang benar isi dari novel ini adalah pembahasan filsafat dari era Yunani Kuno hingga era sekarang ini. Meski sebuah novel, buku ini tergolong berat karena pembahasannya didominasi filsafat. Memang, sang penulis Jostein Gaarder sengaja menyusun materi filsafat dalam bentuk yang ringan untuk memudahkan pembaca memahami filsafat dibanding dalam bentuk konvensional. Namun demikian pembahasan filsafat tetap mendominasi, sehingga novel ini terasa berat.

Mengalir begitu saja. Diawali dari cerita snag tokoh. Sophie, seorang pelajar sekolah menengah berusia empat belas tahun. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapatkan sebuah surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan: “Siapa kamu?” Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapat surat yang lain yang bertanya: “Dari manakah datangnya dunia?”

Seakan tersentak dari rutinitas hidup sehari-hari, surat-surat itu membuat Sophie mulai mempertanyakan soal-soal mendasar yang tidak pernah dipirkannya selama ini. Dia mulai belajar filsafat. Pelajaran filsafat itu berlanjut hingga sang pengirim surat, Alberto Knox menampakkan dirinya dan bertatap muka langsung dengan Sophie dalam mengajarkan filsafat. Berbagai pertanyaan dan metode filsafat diberikan kepada Sophie, sementara dia sendiri bekerja mencari filsafatnya sendiri melalui pertanyaan yang kemudian menjadi perenungan. Pelajaran diberikan dengan pertanyaan singkat seperti “Mengapa Lego merupakan mainan yang paling kreatif di dunia?” dan Sophie diberikan waktu untuk berpikir sebelum pelajaran berikutnya tiba. Begitu seterusnya sehingga secara tidak langsung pembaca ikut berfikir mengenai filsafat yang diberikan Alberto. Dari pelajaran yang diberikan Alberto, terangkum sejarah panjang filsafat, pemikiran Democritus, Socrates, Plato, Aristoteles, Spinoza, Immanuel Kant, Kierkegaard, Hume, Descartes, Sigmund Freud, dan filosof-filosof lainnya. Alberto melanjutkan pelajaran filsafat kepada Sophie, dalam bahasa yang sesederhana mungkin sesuai dengan percakapannya dengan anak berusia 14 tahun. Pelajaran ini kemudian menjadi bagian dari plot itu sendiri, saat Sophie dan Alberto mencoba menggali lebi banyak tentang Albert Knag yang misterius. Membaca novel ini berarti siap untuk berfikir.

Dengan tebal 800 halaman, setengah dari novel ini terasa monoton. Alur yang diberikan masih sebatas hubungan Sophie dengan Alberto dengan muatan filsafat yang dibahas keduanya. Namun di halaman 449, Jostein Gaarder memberikan kejutan dalam alur cerita. Kisah Sophie dengan Alberto Knox merupakan hadiah ulang tahun dari ayah Hilde Knag yang sedang bertugas di Lebanon. Jadi dalam buku Dunia Sophie masih ada buku lagi dengan nama yang sama.

Jostein Gaarder memiliki pengalaman yang banyak di bidang penulisan dan filsafat. Dia memulai karier sastranya pada tahun 1986 dengan sebuah kumpulan cerita pendek, disusul dua novel untuk remaja. Penghargaan dari Norwegian Literary Critics dan hadiah sastra dari Menteri Pendidikan diterimanya pada tahun 1990 untuk karya The Solitaire Mystery. Gaarder telah mengajar filsafat untuk tingkat sekolah menengah di Norwegia selama lebih dari sebelas tahun, dan kini ia adalah penulis full time. Dengan pengalamannya tersebut wajar jika Dunia Sophie menjadi karya yang berkali- kali dicetak ulang dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: