Menulis Bebas

Menghadapi Resiko (Sebuah Keharusan)

Posted on: March 9, 2014

risk

Sebagaimana burung yang tidak pernah diajari untuk terbang, ia bisa menemukan caranya sendiri untuk membelah angkasa. Mematahkan belenggu yang mengekang hingga terlepas bebas, menjadi layaknya seekor burung. Membentangkan sayap hingga terkembang di angkasa. Sebagaimana burung yang tidak pernah takut jatuh karena tinggginya ia terbang. Dan tidak pernah lelah mengepakkan sayap sebelum mencapai tujuan.

Tidak, tentu tidak. Burung tidak perlu perhitungan matematis untuk mencoba terbang. Ia juga tidak perlu analisis SWOT untuk mempertimbangkan apakah ia harus meninggalkan sarang yang nyaman, menuju dunia luar yang belum pernah ia tahu sebelumnya. Hanya berbekal sebuah naluri, bahwa ia harus hidup selayaknya burung. Terus mengepakkan sayap untuk terbang. Satu yang ia pegang, berani mengambil resiko dan melawan ketakutan.

Dan seperti itulah kita, dilahirkan untuk terus bergerak. Dan akan menjadi seperti seharusnya seorang pejuang. Sebagaimana burung, mengambil resiko dan melawan rasa takut adalah pilihan pertama dalam hidupnya. Apa jadinya jika burung takut jatuh? Yang perlu kita sadari, resiko adalah bagian dari hidup. Mungkin kita lupa, bahwa kita pernah menjadi seorang pengambil resiko yang tangguh. Jauh di awal hidup kita, saat pertama mengenal dunia, saat menjadi anak-anak. Ketika belajar berjalan, apakah terbersit rasa takut jika jatuh? Mengambil resiko adalah sebuah pilihan, namun juga sebuah syarat untuk menaikkan level kita dalam hidup.

Hingga pada satu titik kita akan tersadar, bahwa sesungguhnya prestasi terbesar dalam hidup kita adalah keberanian mengambil resiko dan melawan rasa takut. Karena keberhasilan tidak datang begitu saja, melainkan dari keberanian untuk bergerak dan menghadapi segala kemungkinan dalam mendatangkan sebab- sebab keberhasilan itu.

Advertisements
Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 17 other followers

Categories

Blog Stats

  • 12,032 hits
%d bloggers like this: