Menulis Bebas

Mereka Besar Karena Membaca

Posted on: March 19, 2014

sampulmerekabesarkarenamembaca_03

Judul                           : Mereka Besar Karena Membaca
Penulis                         : Suherman, M.Si
Penerbit                       : Literate Publishing
Jumlah Halaman           : 277 hlm
Cetakan Pertama          : 2012

”Books are the carriers of civilization.  Without books, history is silent, literature dumb, science crippled, thought and speculation at a standstill.”  Barbara Tuchman

Dalam sejarah peradaban dunia kita mengenal sosok- sosok besar di setiap zaman. Karl Marx, Malcolm X, Hasan al Banna, Steve Jobs, Che Guevara, Fidel Castro, hingga Soekarno- Hatta. Mereka adalah pemimpin dengan latar belakang ang berbeda, pada masa yang berbeda, memperjuangkan hal yang berbeda, namun mereka memiliki car ayang sama untuk menjadi pemimpin besar yang namanya diingat dalam sejarah. Kesamaan itu ada pada kecintaan mereka terhadap buku. Karena buku mereka membuat perubahan besar yang mendunia.

Karl Marx semasa hidupnya adalah seorang bibliomania. Kesejahteraan diri dan keluarganya menjadi nomor sekian dan lebih mengutamakan buku. Tinggal di lingkungan paling buruk dan kumuh di london. Namun kecintaannya pada buku mengantarkan pada karya Das Kapital yang menjadi pegangan bagi kaum komunis hingga saat ini. Joseph Stalin, seorang diktator yang kekejamannya melegenda dalam sejarah menjadi penguasa karena pengetahuannya yang luas dari membaca. Hasan Al Banna, tidak diragukan lagi ilmu dan keciantaannya terhadap buku hingga menjadi pemimpin pergerakan besar yang pemikirannya meluas hingga sekarang. Al Banna memang tidak menghasilkan banyak karya dalam bentuk buku semasa hidupnya, namun sepak terjang kepemimpinannya melahirkan karya- karya yang kini menjadi pegangan di berbagai negara. Pemikirannya yang tajam dan pengetahuannya yang luas didapatkannya dari membaca. Masih ada banyak tokoh besar yang diulas dalam buku ini. Mereka bukan orang yang membawa kekuasaan sejak kelahirannya, bukan pula orang yang hidup berkecukupan sepanjang hayatnya. Buku ini menjelaskan bagaimana membaca mengantarkan mereka menjadi changemaker di zamannya.

Tidak hanya biografi, buku ini memberikan ulasan mengenai kepemimpinan setiap tokoh. Menginspirasi. Dan menjadi tamparan ketika di negara besar Indonesia kini demokrasi berkembang luas tanpa adanya budaya baca. Demokrasi tak lebih dari sekedar alat untuk menggerakkan orang- orang bodoh. Seperti yang terjadi pada kegagalan komunisme. Meski tokoh pencetusnya bisa menjadikan paham ini berkembang meluas di awal kemunculannya, termasuk didalamnya bisa menghasilkan karya yang menjadi kitab suci para komunis, namun ternyata dari sekian banyak pengikut komunis hanya sedikit sekali yang pernah membaca Das Kapital. Maka tak jarang dalam suatu komunitas besar tanpa budaya baca, orang- orang di dalamnya tak beda jauh seperti pesuruh bagi pemegang kepantingan.

Kutu buku menjadi syarat utama untuk menjadi orang besar. Bahkan John Naisbitt, seorang futuris terkemuka di era modern, mempercayai bahwa kemunduran Amerika sebagai negara adidaya diakibatkan oleh lemahnya minat baca masyarakatnya. Bagaimana dengan Indonesia yang peringkat bacanya menduduki no 57 dari 65 negara dunia? Padahal minat baca masyarakat memiliki hubungan linear denga kemajuan suatu negara.

Dibanding dengan buku biografi sejenis, buku Suherman ini memiliki keunggulan dimana penulisan biografi tokoh meliputi kisah hidup tokoh, perubahan besar yang dilaukan, dan juga peran buku serta ilmu dalam kehidupan sang tokoh. 17 tokoh yang diulas penulis dalam buku ini disusun berdasar urutan historisnya, dari yang paling tua hingga kontemporer. Penyusunan menggunakan bahasa lugas, sederhana, dan diselingi dengan quote dari tokoh yang diulas. Selain dari fakta tokoh, Suherman yang telah menerima penghargaan tingkat Asia Tenggara ini memberikan opini pribadinya sebagai penilaian atas tokoh yang dibahas. Nilai- nilai yang ingin disampaikan penulis melalui 17 tokoh yang berbeda adalah disampaikan dalam bentuk motivasi dan inspirasi untuk banyak membaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: