Menulis Bebas

Misykat (Refleksi Tentang Islam, Westernisasi & Liberalisasi)

Posted on: March 22, 2014

misykat

Judul               : Misykat, Refleksi Tentang Islam, Westernisasi & Liberalisasi

Pengarang       : Hamid Fahmy Zarkasyi

Cetakan           : Kedua 2012

Penerbit           : INSIST (Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization)

“Saat ini cendekiawan  muslim seperti berbondong- bondong merespon isu kebebasan, persamaan, hak asasi, demokratisasi, segala bidang dengan dalil- dalil Al Quran dan hadits. Tentu dengan konsekuensi mengubah framework, metodologi, dan mindset sesuai dengan  ilmu- ilmu humaniora barat. Akhirnya, tanpa terasa cendekiawan Muslim itu berfikir dengan pendekatan humanistis, liberalistis, dan dekonstruksionis, dan bahkan relativistis. Padahahal, mereka itu penampilannya tetap religius serta mengutip ayat- ayat Al Quran dan hadits dengan fasih”.

Arus westernisasi melalui pemikiran melalui  media massa, diskusi- diskusi, dan institusi pendidikan telah membawa umat Islam tanpa sadar pada sebuah pemikiran yang sebenarnya bersifat dekonstruktif. Pemikiran yang megakulturasi lambat laun  menjadi sebuah pandangan umum. Padahal, Lathouce –seorang Professor bidang Politik Ekonomi dari Universitas Paris Perancis dalam bukunya L’occidentalisation du monde (The Westernisation of the World) memaparkan dampak westernisasi yang memunculkan bencana politik dan ekonomi. Mula- mula ekonomi industri hancur, hutang negara bengkak, lalu timbul kudeta silih berganti. Dimana pada awalnya westernisasi memiliki tiga basis program, industrialisasi, urbanisasi, dan de-nasionalisasi dengan barat sebagai pemegang dominasi.

Hegemoni pemikiran barat dan resiko yang ditimbulkannya bukanlah semata teori belaka, melainkan fakta yang telah dijumpai di masyarakat umum. Buku ini muncul sebagai kritik terhadap berkembangnya pemikiran barat serta pengaruhnya terhadap umat Islam. Sementara pemikiran Barat semakin menghegemoni melalui metode yang ilmiah, objektif, dan sistematis- mengakar secara akademis, solusi menjadi buah kritik yang amat ditunggu- tunggu. Sebagaimana mestinya  pemikiran dilawan dengan pemikiran, solusi dari permasalahan tersebut muncul dari pemahaman Islam yang terlepas dari westernisasi dan liberalisasi.

Buku ini membawa pembaca untuk berfikir. Sederhana. Bagaimana pemikiran barat berkembang menggantikan pemikiran Islam, pada mulanya menggunakan paham sekularisme-namun gagal. Dan kemudian menggunakan paham liberalisme dan pluralisme. Sampai disini muncul isme- isme lain yang menjadi pendukungnya. Nampaknya paham ini bisa lebih diterima hingga menjadi hal yang biasa, seperti paham bahwa semua agama itu sama, muslim menggugat Al Quran, dan dualisme yang berkembang di masyarakat. Melalui pemaparan ini pembaca dapat mengkritisi pemikiran Barat dalam berbagai aspek- aspek kehidupan.

Misykat, sebagaimana maknanya yang berarti tempat berkumpulnya cahaya, buku  ini memberikan  penjelasan seterang- terangnya melalui pembahasan yang runtut. Berisi berbagai opini dan refleksi tentang Islam, westernisasi dan liberalisasi. Buku ini merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh penulis, Dr. Hamid di Jurnal Islam Republika. Dijelaskan dengan bahasa jurnalistik yang ringan, pembaca tidak perlu mengerutkan kening untuk membaca sebuah buku pemikiran yang identik dengan istilah abstrak, rumit, dan filosofis. Referensi yang berbobot, beragam, serta realita dalam masyarakat baik itu di Indonesia maupun di luar negeri menunjukkan kualitas penulis yang memang memiliki kualifikasi di bidang pemikiran Islam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 17 other followers

Categories

Blog Stats

  • 12,065 hits
%d bloggers like this: