Menulis Bebas

Waktu Pesta

Posted on: March 24, 2014

waktu pesta

Judul           : Waktu Pesta
Penulis        : Dodi Prananda, dkk
Penerbit      : PT Elex Media Komputindo
Halaman     : 290 hlm
Tahun         : 2013

Teruntuk para pembaca,
Atas nama cinta,
kami torehkan manis dan pahitnya warna pelangi.
Atas nama gelora, kami sampaikan kelam dan indahnya asa.
Atas nama sang imaji, kami tunjukkan peranan tak terduga di batas khayal.
Dan atas nama para penulis, kami mengundang Anda untuk berpesta!
Mari nikmati segala suasana dan ingar-bingarnya Waktu Pesta!
Karena seperti yang tertulis pada kartu undangan kami semasa kecil:

“Tiada kesan tanpa kehadiranmu”

 Waktu pesta itu ada. Masing- masing orang memiliki waktu pesta, yang ia sendiri begitu menikmati waktu pesta yang saat itu dimiliki. Waktu pesta Minanti, pembantu rumah yang masuk kamar Ibu mengambil gelang emas lalu mengantonginya. Waktu pesta Bagas yang dinikmati bersama perempuan lain setelah mengantar Sesil. Terkadang merasa kagum ada orang yang dengan cantik bisa menikmati waktu pesta mereka. Di sisi lain, ada yang tak memakai waktu pesta yang harusnya bisa dinikmati. Ayah, justru tidak menggunakan waktu pestanya. Menolak seorang wanita yang diberikan koleganya dan kali kedua menolak uang suap milyaran rupiah untuk memuluskan proyek. Dan saya tahu, dihadapan saya tersedia waktu pesta. Tapi akankah sama seperti goyahnya Minanti yang masuk ke kamar ibu lalu mencuri? Atau  Bagas yang memilih waktu pestanya dengan berselingkuh dibelakang Sesil?

 Judul buku ini menggambarkan keseluruhan isi. Waktu pesta menggambarkan sebuah hingar bingar cerita. Berbagai kisah dan sudut pandang. Pembagian yang testruktur, tentang cinta, gelora, imaji, dan diri. Dibaca dari judul manapun tidak mengurangi keindahan ceritanya. Bagi orang yang suka membaca kumpulan cerpen secara acak, sangat menyenangkan bisa menerka- nerka alur dan konflik bagaimana yang disajikan penulis.

 Bagian terpenting adalah nilai yang disampaikan dalam cerita. Pada “Waktu Pesta”, terasa sekali dalam kehidupan sehari- hari bahwa kita sesungguhnya dihadapkan pada pilihan untuk mengambil kesempatan waktu pesta, atau tidak menggunakannya. Waktu dimana orang lain tak mengetahuinya, dan seperti pesta-amat mengasyikkan. Namun demikian keputusan kembali ada ditangan masing- masing kita. Namun hati- hati yang mana yang bisa menahan diri melewati waktu pesta?

 Dalam 11 cerita lainnya memiliki muatan nilai yang bisa digali dari setiap kisahnya. Yang membedakan dari serita satu dengan cerita lainnya adalah keunikan dalam penyampaian, sudut pandang yang digunakan, dan diksi yang berlainan. Tentu saja, keragaman ini diperolah dari perbedaan gaya tulis 4 penulisnya. Sebagai kumpulan cerpen, Waktu Pesta berhasil memberikan kesan pada pembaca setelah selesai dibaca. Namun tetap saja ada cerita yang membosankan, terutama pada bagian pertama “bersama cinta”, alurnya mudah ditebak. Meski disampaikan dengan sudut pandang yang menarik, kisah cinta tokoh sangat membosankan dan jelas sekali tertebak alurnya. Dibandingkan dengan buku sejenis, kumpulan cerpen “Singgah” misalnya, kumpulan cerpen ini tidak memasukkan kisah cinta muda- mudi yang mudah tertebak. Kisah cinta diberikan dalam wujud yang tak biasa, pada judul “Menunggu Dini” misalnya. Ada ruh yang diberikan sehingga pembaca memiliki kesan membekas pada kisah tersebut.

 Secara visual buku ini memberikan tampilan yang eye cathcing. Dimulai dari cover  dengan format landscape seperti undangan, penggunaan font yang variatif namun bukan parade huruf, dan juga pergantian dengan lembar tersendiri disertai quotes. Sungguh, pembaca tak akan bosan.  Namun kejutan sekali untuk buku terbitan sekelas Elex Media Komputindo, kesalahan fatal yang dibuat adalah salah memberikan halaman pada daftar isi. Bingung sekali membolak- balik halaman yang akan dicari dengan informasi yang salah pada daftar isi.

 Buku ini memang undangan. Undangan pesta, maka selamat menikmati hingar bingar bersama buku ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 17 other followers

Categories

Blog Stats

  • 12,065 hits
%d bloggers like this: