Menulis Bebas

101 Creative Notes

Posted on: October 28, 2014

re_buku_picture_86531Judul                : 101 Creative Notes

Penulis             : Yoris Sebastian

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Halaman          : 207 hlm

Tahun Terbit    : 2013

Akan sulit bila ada yang ingin lebih kreatif namun tidak mau melepaskan kebiasaan lama yang belum tentu relevan dengan zaman yang semakin cepat bergerak ini- h.191

Banyak orang yang bertanya- tanya, bagaimana bisa menjadi seorang yang kreatif? Respon dari pertanyaan itu dijawab oleh Yoris Sebastian dengan bukunya 101 Creative Notes. Bisa jadi karya Yoris Sebastian ini disebut kumpulan notes. Berisi 101 notes bagaimana menjadi kreatif, dibagi dalam lima bagian utama: (1) What you think, (2) What you see & hear, (3) What you do, (4) What you say, (5) What you feel. Buku ini merupakan kelanjutan dari Creative Junkies. Seperti temanya-kreatif, buku ini disusun dengan format tulisan diselingi gambar di setiap halamannya.

Sederhana, disampaikan dengan bahasa umum jauh dari kesan teoritis. Mayoritas isi dari buku ini berdasarkan pengalaman Yoris sendiri, seperti pada halaman 113:

Dressed for Comfort and for Success

Salah satu common practice yang saya lawan sejak dulu adalah cara berpakaian. Saat menjadi General Manager Hard Rock Cafe Jakarta dan Bali, kebanyakan GM pasti berpakaian casual. Saya malah menggunakan kemeja dan dasi, walau dibalut dengan jaket kulit HRC tentunya. Di berbagai kesempatan, saya pasti ditanya, “Apa tidak salah kerja di HRC tapi pakai dasi?”.

…………..

Sekarang saya selalu memakai T-Shirt saat bekerja, namun untuk menghormati klien, saya kenakan celana bahan dan sepatu rapi. Justru ini menjadi keunikan saya. Saya tetap dibayar premium walau pakaian saya hanya T-Shirt. “Saya ingin pastikan, klien membeli hasil pemikiran kreatif kita, bukan penampilan kita”.

Melalui buku ini, tidak hanya belajar tentang how to be creative dari apa yang disampaikan dalam setiap notes. Pembaca bisa menganalisis sendiri melalui rekan jejak Yoris Sebastian seperti: menjadi General Manager Hard Rock Cafe Jakarta di usia 26 tahun, memenangkan kompetisi International Young Creative Entrepreneur (IYCE) di London,hingga kini menjadi owner OMG Consulting. Pembaca  juga bisa menemukan berbagai referensi, international conference, international competition, tempat-tempat yang worth it untuk dikunjungi, referensi bacaan, yang kesemuanya merupakan langkah- langkah untuk mengasah kreativitas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: