Menulis Bebas

Kelas Menanam: Kecil Menanam Dewasa Memanen

Posted on: September 1, 2015

Anak- Anak SD Program KMDM

Anak- Anak SD Program KMDM

Anak- anak masih gladi untuk persiapan upacara bendera ketika kami berkunjung ke SDN Ngrancah. Bahagia, setelah sedikit uji nyali di perjalanan karena naik turunnya medan, melewati kebun kopi, jalanan yang berliku- liku, akhirnya sampai juga. Kunjungan kali ni bertujuan untuk kerjasama program KMDM (Kecil Menanam Dewasa Memanen). Anak- anak yang lucu itu akan menanam tanaman mereka sendiri, lebih tepatnya melakukan pembibitan tanaman pohon. Belum tahu apakan mereka akan menyukai kegiatan tanam- menanam, atau yang lebih penting lagi, apakah kepala sekolah menyetujui program KMDM di SD ini.

Ternyata bapak kepala sekolah merespon dengan baik program KMDM untuk siswanya. KMDM memiliki dua tahap, pertama sosialisasi di kelas yang menjelaskan mengapa harus menanam, manfaat apa yang diperoleh dari menanam, alat dan bahan yang disiapkan dan teknis pembibitan. Selanjutnya anak- anak akan diajak praktik pembibitan langsung. Dua hari kemudian Pak Sun, penyuluh yang memiliki program ini menelfon saya untuk siap- siap memberi sosialisasi KMDM. Di hari Sabtu. Dan terjadilah…

Pertama kali datang kami langsung mendapat sambutan hangat dari anak- anak. Masih di parkiran, mereka datang mengerubuti kami dan bersalaman. Yah, padahal saat itu saya belum sempat melepas kaos tangan. Agak kaget juga sih, karena pada kunjungan sebelumnya mereka tidak berebut jabat tangan seperti pagi ini. Mereka antusias sekali bertemu dengan kami, kalau kata Pak Sun anak- anak di sekolah yang telah melaksanakan program ini sebelumnya, mereka menyukai dan semangat sekali dalam kegiatan menanam.

Tentunya anak- anak ini sudah familiar dengan kegiatan tanam menanam, karena memang mayoritas orangtua mereka petani. Namun belum tentu anak petani suka kegiatan tanam menanam, yang penting sekolah belajar dengan rajin, begitu kata kebanyakan orangtua. Sangat membahagiakan ketika anak- anak sangat antusias melakukan pembibitan. Mereka sangat bersemangat. Menonton video KMDM, melihat pohon- pohon ijau, hutan gundul setelah ditebangi….mereka paham bahwa banjir bisa terjadi ketika hutan ditebangi, hewan- hewan akan kehilangan rumah dan jadi semangat menanam.

To be continued…

Advertisements
Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 17 other followers

Categories

Blog Stats

  • 12,065 hits
%d bloggers like this: