Menulis Bebas

Baklava, Kue Lezat dari Turki

Posted on: December 18, 2015

2015-10-08 22.40.46

Sekotak Baklava

Sebagai pecinta makanan, saya penasaran sekali dengan makanan khas daerah tertentu. Kali ini, pas sekali salah satu penghuni Kejora, Nurul berkesempatan nggembel mengunjungi Turki. Saya jadi teringat dulu pas waktu SMA dan hari libur, seharian dirumah nonton TV pas acara kuliner timur tengah. Disitu pertama kali mengetahui ada makanan namanya baklava. Makanan manis ini mirip kue, tapi lebih mirip dengan pastri. Bagian dalam diisi dengan kacang- kacangan, kemudian disiram dengan sirup atau madu. Terbitlah keinginan untuk nyobain baklava ini. Akhirnya saya nitip baklava ke Nurul. Tapi ternyata pulangnya Nurul mengembalikan uang saya. Antara Nurul dengan senang hati memberikan oleh- oleh, atau dia nggak tega bilang kalau uang saya sebenarnya nggak cukup untuk beli baklava.

Kalau kata Nurul sih harga 18 lira. Beda lagi harganya jika isiannya berbeda. Antara 20-25 lira. Tapi saya pikir juga ga akan habis makan baklava seharga 18 lira. Bener kan, baklava ini rasanya manis banget. Makan sepotong aja udah cukup memuaskan diri memenuhi rasa penasaran gimana rasa baklava. Selain baklava, Nurul juga membawa Konya Sarmasi. Mirip eggroll yang ada isi ditengahnya.

2015-10-08 22.41.10

Konya Sarmasi

Rasa Konya Sarmasi tidak terlalu manis seperti baklava. Bisa makan lebih banyak. Selain makanan, yang menggembirakan adalah….sebuah buku tebal resep masakan Turki. Sebagai aktivis dapur sebenarnya pengen banget nyoba salah satu resep masakan disitu. Tapi apa daya, buku resep berbahasa Turki. Harus translate dulu satu per satu.

2015-10-09 12.49.04

Buku Resep Masakan Turki

Yang khas didalam resep masakan (menu utama), bumbu yang digunakan tidak terlalu banyak. Mungkin karena tidak banyak tersedia rempah di Turki, berbeda seperti masakan di negara tropis yang kaya akan bumbu. Meski sudah menerjemahkannya bersama Nurul, namun sampai sekarang kami belum mencoba satu pun masakan di buku resep itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: