Menulis Bebas

CARA MEMBUAT SURAT KETERANGAN SEHAT JASMANI, ROHANI, DAN BEBAS NAPZA DI RUMAH SAKIT JOGJA

Posted on: October 9, 2018

Rumah Sakit Jogja (http://www.info-jogja.com)

Ini adalah kali pertama saya membuat surat keterangan sehat dan bebas napza. Karena benar- benar yang pertama, awalnya bingung rumah sakit mana yang bisa melayani tiga surat keterangan itu sekaligus. Surat keterangan ini saya perlukan untuk pendaftaran CPNS yang memang pendaftarannya sudah dibuka. Kebetulan di kantor selain saya, ada teman- teman lain yang mau mendaftar juga. Jadi lah pencarian surat keterangan sehat ini bareng- bareng. Temen seruang yang juga mau mendaftar CPNS, sebut saja Mbak Dresti, sudah berinisiatif menelfon beberapa rumah sakit/ puskesmas untuk menanyakan apakah dapat melayani pembuatan surat sehat jasmani, rohani dan bebas napza sekaligus. Akhirnya kami memutuskan ke Rumah Sakit Jogja yang terletak di Jl. Wirosaban No.1, Kota Yogyakarta. Sebenarnya selain di Rumah Sakit Jogja bisa juga ke Rumah Sakit Grhasia, namun terlalu jauh karena letaknya di Jalan Kaliurang KM.17, Pakem, sedangkan kami ada di kota.

Karena ini benar- benar kali pertama membuat surat tersebut, awalnya agak bingung apa yang perlu dibawa ke Rumah Sakit. Pas udah di mobil dan bersiap berangkat tebiba Mbak Dres Tanya, “Udah bawa fotokopi KTP ama KK?” What??? 😮 Tentu saja kutaktau dokumen apa yang perlu dibawa. Sedikit melirik ke arah driver, daripada diomelin karena udah mau berangkat masa mau balik ke ruang lagi akhirnya ingat bahwa tidak oerlu bawa apa- apa. Ohiya, dalam perjalanan mencari surat ini kami diantar teman kantor sebut saja namanya Mas Aryo (sepertinya nama sebenarnya). Dia juga ada keperluan mencari surat sehat. Sehat jasmani dan rohani, dalam arti yang sesungguhnya wakakaka….. 😀

Barang yang perlu dibawa:

  1. Pulpen warna hitam. Digunakan untuk mengisi formulir.
  2. Digunakan untuk mengisi NIK.
  3. Yaiyalah….. Fyi, di Rumah Sakit Jogja untuk ketiga surat (sehat jasmani, rohani, dan bebas napza) bawa 200 ribu sudah cukup.

Barang- barang optional lain bisa digunakan sembari menunggu. Karena proses ini memakan waktu seharian (hanya pas momen pendaftyaran CPNS, pada kondisi normal mungkin tidak selama ini). Buku bacaan, HP full baterai, powerbank karena tidak ada colokan, yang paling penting makanan karena pasti nggak sempat keluar area rumah sakit.

Jadi poin penting yang bisa diringkas dalam mencari surat- surat itu adalah:

  1. Berangkat pagi.

Ini penting banget apalagi disaat semua orang juga lagi butuh surat serupa. Di Rumah Sakit Jogja ini antriannya selalu banyak. Dan juga di poli tertentu ada pembatasan jumlah pasien. Waktu itu kami berangkat jam 8 antrian sudah ratusan. Dan kuota poli jiwa hari itu 150 pasien.

  1. Ambil no. antrian.

Begitu datang langsung ambil nomor antrian, no matter what. Pengalaman kami yang newbie bertanya menuju resepsionis, sama petugas disuruh ngisi formulir yang memakan waktu beberapa menit. Kami yang nggak ngeh jadi kelewat banyak nomor antrian. Kepada petugas, sesungguhnya …..kuingin maraaaah… melampiaskaaannnn…. Karena petugas juga bilang baru sedikit yang mencari surat sehat. Tapi ternyata kami sudah yang ke seratus sekian.

  1. Mengisi formulir.

Udah diisi aja lalu tunggu antrian di panggil.

  1. Menuju loket.

Di loket ini diarahkan ke poli sesuai tujuan kita. Pertama untuk surat sehat jasmani ke poli umum. Letaknya di depan meja resepsionis.

  1. Periksa Jasmani

Cek tekanan darah, sedikit wawancara, dll.

  1. Pembayaran

Pembayaran dilakukan di loket pembayaran yang terletak di seberang loket pendaftaran dengan cara mengumpulkan struk yang didapat dari dokter sebelumnya. Jangan lelet ya segera dikumpulkan karena nama dipanggil berdasar urutan mengumpulkan struk. Jumlah yang harus saya bayarkan Rp. 167.860,-

  1. Tes Kesehatan Rohani dan  NAPZA.

Dilakukan di poli Jiwa. Disini harus mengumpulkan bukti pembayaran ke petugas lalu menunggu nama dipanggil untuk tes tertulis. Ohiya, disini tidak ada salah- benar. Isi saja mana yang seuai dengan kondisi diri. Kalau tidak ada pilihan yang sesuai dengan kondisi diri boleh tidak diisi.

  1. Cek laboratorium.

Mengumpulkan kertas dari poli jiwa ke loket laboratorium lalu menunggu nama dipanggil untuk ambil sampel urin. Siap- siap tisu ya, karena pasti belepotan. Setelah ambil sampel urin tunggu nama dipanggil untuk ambil hasil lab.

  1. Surat keterangan diterbitkan.

Hasil lab dibawa lagi ke poli jiwa. Lalu menunggu nama dipanggil untuk mengambil surat keterangan sehat rohani dan bebas NAPZA. Selesai.

Surat Keterangan Sehat Jasmani, rohani dan Bebas NAPZA

Perlu diperhatikan saat mengisi tes kesehatan jiwa dan napza pilih saja mana yang paling sesuai dengan kondisi diri. Mbak Dres dan saya kebanyakan debat jadi lama ngerjainnya ;'( Setelah selesai mengerjakan tes, Mbak Dres baru bilang “Kalau ternyata tidak sehat jiwanya gimana?” Sumpah ngakak. Dia mengkhawatirkan itu baru sekarang, kalau ngerasa sakit jiwa napa nggak dari dulu periksanya. Tapi sih becandaannya anak psikologi kan belajar sambil berobat (Mbak Dres ini lulusan psikologi) harusnya udah lulus udah sembuh kaan.

Inget kan tadi berangkat jam 8, dan sekarang bisa megang surat- suratnya sudah pukul 15.30. Kami sudah bersabar sapanjang menunggu antrian tadi dengan membayangkan macam-macam makanan yang mau dibeli selesainya dari Rumah Sakit. Ditambah lagi takut Mas Aryo ngamuk, apalah dosa dia nganter cecewek sampai seharian. Sebelum Mas Aryo ngamuk karena kelaparan kita memutuskan mau ke seblak Asgar yang lokasinya di… (lupa). Tapi ternyata hal yang menyedihkan adalah: mereka nggak punya nasi! Sumpah mau ketawa tapi takut Mas Aryo ngamuk beneran, soalnya apapun makanannya dia harus makan nasi untuk proper meal apalagi setelah menahan lapar seharian. Mbak Dres Cuma mampu berkata “Niat dodolan ora” wakakaka…

Demi kemaslahatan, akhirnya kita menuju Galeria. Dan sesampainya disana masuk perut lah berbagai jenis makanan. Kita pesen makan nggak kira- kira gegara laper mata.  Datang dengan perut lapar, pulang dengan perut kekenyangan. Usai sudah perjalanan hari ini.

Me-Ngantri di Octopus

 

Mbak Dres- Ngantri di Mangga

Advertisements

3 Responses to "CARA MEMBUAT SURAT KETERANGAN SEHAT JASMANI, ROHANI, DAN BEBAS NAPZA DI RUMAH SAKIT JOGJA"

Judulnya hangout di rumah sakit ini. Wkwkk..

memfasilitasi orang yang pengen bolos dan minta uang jajan emak alesan periksa kesehatan

Untuk koreksi aj, klo aku dikasih uang ama emak jd ndak minta yoo. Hahaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 19 other followers

Categories

Blog Stats

  • 16,075 hits
Advertisements
%d bloggers like this: