Menulis Bebas

Cara Membuat SKCK di Polres Gunungkidul

Posted on: October 15, 2018

Unit Layanan SKCK Mapolres Gunungkidul

Setiap orang pasti mempunyai momen “yang pertama”, termasuk salah satunya adalah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Jika sebelumnya belum pernah membuat SKCK, maka pembuatan SKCK ini tidak bisa diwakilkan dan harus datang sendiri ke Polres Gunungkidul. Kenapa? Karena di SKCK ini tertera rumus sidik jari sehingga harus ambil sidik jari orang yang bersangkutan.

Keterangan dan pertanyaan seputar pembuatan SKCK di Polres Gunungkidul ada disini.

Secara garis besar yang perlu disiapkan adalah:

  1. Pulpen hitam
  2. Pas foto ukuran 4×6 background merah 4 lembar
  3. Fotokopi KTP 1 lembar
  4. Fotokopi KK 1 lembar

Dokumen yang digunakan hanya yang saya sebutkan diatas. Jika mau membawa lebih bisa untuk cadangan. Mau bawa KTP asli juga bisa untuk jaga- jaga. Karena kita juga tidak tahu jika terjadi sesuatu seperti perlu  tambahan fotokopi, dsb. Saya sendiri terbiasa membawa cadangan, jika tidak bisa dalam bentuk fisik asli saya bawa soft file scan dokumen asli. Selain dokumen, benda yang lumayan penting adalah tisu basah karena sehabis ambil sidik jari tangan kotor karena karbon. Jika tidak membawa pun sudah ada fasilitas cuci tangan di polres.

Alur pembuatan SKCK adalah sebagai berikut:

  1. Menuju loket layanan SKCK. Layanan SKCK terletak di dekat pintu masuk Polres. Dari gerbang maju dikit di sebelah kiri.
  2. Menuju petugas SKCK. Petugas akan memberikan formulir sidik jari. Diisi sesuai data diri.
  3. Pengambilan sidik jari. Petugas akan mengarahkan ke ruang pengambilan sidik jari. Pengambilan sidik jari ini menggunakan alat yang bisa mencetak sidik jari kita. Cetak sidik jarinya dengan cara menempelkan jari pada bidang yang telah diberi karbon (mohon koreksi jika salah). Sehingga tangan bisa mengotori dokumen lain kalau tidak segera cuci tangan.
  4. Menuju loket SKCK mengumpulkan formulir sidik jari. Petugas akan meminta dokumen yang diperlukan (fc KTP dan KK, pasfoto) dan memberi formulir pengambilan SKCK.
  5. Mengisi formulir pengambilan dan menyiapkan uang Rp. 30.000,-. Tunggu nama dipanggil. Di tahap ini menunggu agak lama, bisa disambi mengisi TTS, baca novel, main game, dsb.
  6. Saat petugas memanggil nama, silahkan menuju loket SKCK.
  7. Membayar Rp. 30.000,- sesuai kwitansi yang diberikan petugas.
  8. Petugas akan memberikan dua dokumen: SKCK dan kartu sidik jari. Kartu sidik jari ini kecil, tipis, mudah hilang namun penting. Jadi sebaiknya di laminating, kartu ini akan berguna jika mau membuat passport sehingga tidak perlu ambil sidik jari lagi.
  9. Proses pembuatan SKCK telah selesai. Jika ingin membuat legalisir SKCK, maka silahkan fotokopi SKCK (saran petugas 5 lembar) lalu diserahkan ke petugas SKCK sembari bilang kalau mau legaliser.
  10. Tunggu nama dipanggil. Tahap ini menunggu agak lama tergantung antrian.
  11. Nama dipanggil petugas, fotokopi SKCK telah dilegalisir. Selesai.

Sampai disini kalian bisa pulang ke rumah masing- masing atau mampir makan. Pencari SKCK  di Polres Gunungkidul bukan hanya yang domisili Gunungkidul, bisa jadi perantau yang KTP nya Gunungkidul. Jika tidak hafal tempat- tempat makan di sekitar wonosari bisa cek disini.

Menunggu proses pembuatan SKCK ini bisa memakan waktu seharian tergantung musim cari SKCK atau tidak.  Musim cari SKCK bisa berarti pada bulan- bulan kelulusan sekolah, pembukaan pendaftaran CPNS, pembukaan pendaftaran perangkat desa, dsb. Jika pas musim ramai habis subuh pun antrian sudah membludak. Ini serius dan tidak becanda 😉 Pada periode pembukaan CPNS 2018 beberapa hari habis subuh sementara polres belum buka antrian sudah banyak.

Lalu, apakah orang non Gunungkidul bisa membuat SKCK di Polres Gunungkidul? Apakah perlu surat pengantar dari polsek? Keterangan- keterangan dan pertanyaan yang sering muncul seputar membuat SKCK di Polres Gunungkidul bisa dilihat disini.

Pengalaman penulis saat membuat SKCK di Polres Gunungkidul bisa dilihat disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 19 other followers

Categories

Blog Stats

  • 16,074 hits
Advertisements
%d bloggers like this: