Menulis Bebas

Berkebun, Yey!

Posted on: August 28, 2015

Berkebun itu menyenangkan. Setelah sekian lama tidak terfasilitasi minat berkebunku, akhirnya terlaksana juga berkebun di Kejora. Sebenarnya tidak pas kalau disebut berkebun, kami tidak memiliki kebun, terasnya sempit, tidak punya pekarangan. Hanya teras berbatasan langsung dengan jalan. Kondisi ini mengusikku, sebagai mahasiswa pertanian agak terganggu melihat teras depan yang gersang. Sebenarnya menanam itu hanya butuh niat dan usaha. Tinggal cari apapun itu yang bisa dipakai wadah tanah, lalu tanam benihnya. Dan….kini pot- pot kecil sudah berjajar rapi di teras rumah kami di Kejora.

Sampai saat ini manusia makan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Bisa makan, harusnya bisa mendatangkan makanan itu dari mana. Paling tidak, ngerti cara masaknya dan ngerti bagaimana mengusahakan si makanan itu datang sampai ke atas piring. Mengerti cara menanam sayur yang dimakan, akan membuat manusia mengerti betapa sulitnya mengusahakan sayur itu dari biji sampai bisa hadir di meja makan. Kalau sudah begini, masih tega kah membuang- buang makanan?

Berkebun bukan sekedar memasukkan biji kedalam tanah atau menancapkan batang lalu tumbuh begitu saja. Ada usaha menyiraminya setiap hari, memupuk, merapikan daun- daun kering, bukan sebuah proses instan tanam sekarang besok panen. Bahkan bisa jadi apa yang ditanam belum tentu bisa dipanen. Karena sesungguhnya hanya keridhaan Allah lah tanaman itu tumbuh. Si manusia penanam hanyalah bertugas menanam dan merawat, sedangkan biji akan menjadi kecambah atau tidak itu adalah kekuasaan Allah. Seperti itulah, berkebun melatih kesabaran, melatih bertanggungjawab atas sebab-akibat. Lalai menyiram tentu saja kekeringan, lalai memupuk tentu saja kerdil, lalai membersihkan area sekitarnya tentu saja mengundang hama dan penyakit.

Selalu sedih kalau melihat makanan terbuang. Mungkin bagi banyak orang selagi ada uang, makanan tinggal beli, mau diapain juga terserah karena telah menjadi hak milik. Menghindari kemubadziran lah ya harusnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 16 other followers

Categories

Blog Stats

  • 11,414 hits
%d bloggers like this: